Search This Blog

Friday, January 7, 2011

Mengurus Sendiri Perpanjangan SIM A di Polres Cikarang

Bekasi, Tambun, 8 Januari 2011. Sekedar sharing pengalaman mengurus perpanjangan SIM-A di Polres Metro Cikarang. SIM-A saya akan kadaluarsa tanggal 16 Januari 2011. Makanya karena takut minggu depan gak ada waktu dan saya gak mau mengurusnya setelah lewat tanggal kadaluarsa, maka hari ini Sabtu, 8 Januari 2011 dengan penuh semangat, saya berangkat dari rumah sekitar Jam 7.45. Sengaja berangkat dari rumah saya (Tambun) pagi-pagi karena takut kesiangan.


Lokasi tempat pengurusan SIM di Cikarang, paling gampang jika mengikuti jalan pinggir kali terusan kalimalang. Dan karena saya hanya tahunya lewat situ. Tapi, Masya Alloh, jalannya rusak parah untuk ruas tertentu, berbeda sekali dibanding waktu saya bikin SIM 4 tahun lalu, masih mulus. Rupanya belum ada perbaikan sejak saat itu. Mungkin akibat selalu dilewati truck tronton pabrik. Kalau sayang mobil/motor anda, saya sarankan lewat pantura aja, terus masuk kawasan JABABEKA. Memang jalannya ribet. Saya juga masih gak apal. Tapi kalau pake A-GPS nya HP/BB, mungkin gak perlu banyak tanya orang di jalan.


Jam 8.40, saya sampai di lokasi. Saya malas berhubungan dengan calo, makanya saya sok ngerti aja dan sedikit tanya. Beginilah tahapan pengurusan perpanjangan SIM yang saya alami.


Dokumen yang harus dipersiapkan, sebelum mengurus Perpanjangan SIM sbb:
  1. Siapkan SIM lama asli dan KTP asli yang masih berlaku.
  2. Fotocopy SIM dan KTP sebanyak 4 x (lebihan lebih baik, dari pada fotocopy di situ, ongkosnya jauh lebih mahal).
  3. Siapkan Uang tentunya.


Tahap pengurusan:
  1. Jam 8.40, langsung menuju ke tempat Tes Kesehatan. Biaya Pendaftaran sebesar Rp 20.000,-.Syarat pendaftaran: SIM dan KTP (Asli dan copy 1 lembar). Kebetulan gak ngantri neh...langsung dites baca huruf. Mau salah mau benar, pokoknya lulus dan dapat keterangan kesehatan.
  2. Jam 08.50, bayar Premi Asuransi sebesar Rp 30.000,- di loket Pendaftaran Asuransi. Syarat pendaftaran: KTP dan SIM (Asli dan copy 1 lembar) serta hasil tes kesehatan.
  3. Jam 08.55, Bayar biaya Perpanjangan SIM di BRI sebesar Rp 80.000,- untuk SIM A. Padahal di kuitansi tertulis Rp 60.000,-. Hanya  ada cap yang bertuliskan Perpanjangan SIM A Rp 80.000 dengan logo POLRI. Rupanya tarif sudah naik, makanya saya komplain kepada petugas BRI, tolong di kuitansi diketik Rp 80.000 jangan 60.000. Kan bisa menyesatkan dan jadi tanda tanya. Saya gak tanya lagi karena gak mau ribet. Lagi-Lagi Alhamdulillah, di sini juga gak ngantri. (Mungkin lagi pada males urus SIM kali).
  4. Jam 08.55, ambil Formulir Pendaftaran di LOKET 1 dengaan persyaratan: semua berkas tes kesehatan, kuitansi premi asuransi, kuitansi biaya dari BRI, KTP dan SIM + 1 lbr copynya. Tidak ada biaya untuk pengambilan formulir.
  5. Setelah Formulir diisi dengan benar, Jam 9.05 diserahkan ke Loket 2 (gak ngantri lagi, nasib kalil).
  6. Selanjutnya proses menunggu untuk Foto dan sidik jari. Ini yang agak lamaan nih. Ternyata di situ dah ada sekitar 100 orang yang menunggu. Baik yang mengurus baru dan perpanjangan. Bagi yang pembuatan SIM baru mungkin ada proses Ujian tulis dan praktek yang ini biasanya makan waktu, apalagi kalau gak lulus.
  7. Jam 9.30 dipanggil untuk diFoto dan Cap sidik Jari. Jam 9.35 SIM dah jadi dan dipersilakan untuk mengambil polis Asuransi di Loket Asuransi.
Jadi, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam lah dengan biaya total Rp 130.000,-. Saya sarankan lebih baik mengurus sendiri perpanjangan SIM. Kalau melalui Birojasa atau calo, mungkin bisa di atas Rp 250.000 kali.


Sebagai Informasi tambahan, berikut saya lampirkan alur pengurusan SIM yang saya dapatkan waktu mengurus SIM. Sepertinya faktanya gak perlu baca itu. Saya bisa tanpa harus baca dulu kok.


Demikianlah pengalaman saya. Silakan yang mau mencoba....

4 comments:

  1. Waktu pengambilan SIM.. dikenakan biaya tuk beli dompet SIM gak gan ..??

    ReplyDelete
  2. Maaf, Bro. Saya baru ngupdate nih blog. Seingat saya gak ada biaya untuk beli dompet saat itu. Gak tau nih 2016. Apa ada/tidak?

    ReplyDelete
  3. Maaf, Bro. Saya baru ngupdate nih blog. Seingat saya gak ada biaya untuk beli dompet saat itu. Gak tau nih 2016. Apa ada/tidak?

    ReplyDelete
  4. Maaf, Bro. Saya baru ngupdate nih blog. Seingat saya gak ada biaya untuk beli dompet saat itu. Gak tau nih 2016. Apa ada/tidak?

    ReplyDelete